Review Buku Kisah-Kisah Beedle si Juru Cerita (The Tales of Beedle The Bard) - J.K. Rowling

Published: Wednesday, 21 November 2018 Written by Dipidiff

 

Judul : Kisah-Kisah Beedle Si Juru Cerita

The Tales of Beedle The Bard

Penulis : J. K. Rowling

Jenis Buku : Fiksi – Kumpulan Dongeng

Penerbit : Gramedia

Tahun Terbit : Desember 2017

Jumlah Halaman : 144  halaman

Dimensi Buku :  20 cm

Harga : Rp. 99.000

ISBN : 9786020380353

 

Edisi Terjemahan

 

 

Sekelumit Tentang Isi


Kisah-kisah Beedle si Juru Cerita sebuah buku cerita anak-anak penyihir yang disebutkan dalam Harry Potter and the Deathly Hallows. Berkat terjemahan baru Hermione Granger, buku ini sekarang disajikan lengkap dengan pengantar, catatan, dan ilustrasi J. K. Rowling, ditambah komentar khusus dari Albus Dumbledore.

"Sang Penyihir dan Kuali Melompat," "Air Mancur Mujur Melimpah," "Penyihir Berhati Berbulu," "Babbity Rabbity dan Tunggul Terbahak," dan "Kisah Tiga Saudara," adalah kisah-kisah yang ada di dalam buku ini. Semua kisah ini tidak hanya sama menarik dan menghiburnya dengan dongeng lainnya yang telah kita kenal dan cintai tapi juga memberikan wawasan baru tentang dunia sihir, dunianya Harry Potter.

 

Yuk kita intip daftar isi kumpulan dongengnya.

Sang Penyihir dan Kuali Melompat
Tentang seorang anak tunggal yang diwarisi kuali sihir oleh ayahnya yang telah meninggal dunia.

Air Mancur Mujur Melimpah
Satu orang kesatria dan tiga orang penyihir masuk ke dalam taman untuk mencari air mancur sihir. Tapi sihir air mancur hanya bisa diperuntukkan oleh satu orang saja. Lalu, siapakah yang berhasil mendapatkan khasiat sihir air mancur tersebut?

Penyihir Berhati Berbulu
Penyihir tampan dan sakti jatuh cinta, apa yang kemudian terjadi?

Babbity Rabbity dan Tunggul Terbahak
Cerita tentang seorang raja yang ingin memiliki kekuatan sihir lalu ditipu oleh seseorang, yang kemudian orang tersebut berhasil melibatkan seorang tukang sihir asli, Babbity. Bagaimana akhir cerita ini?

Kisah Tiga Saudara

Satu dongeng terakhir silakan dibaca sendiri oleh teman-teman. Kemungkinan besar sudah pada tahu isi dongeng ini karena ada di dalam buku Harry Potter.
 

Seputar Fisik Buku dan Disainnya


Saya sangat suka dengan warna merah dan ilustrasinya yang menarik. Buku ini dicetak dalam dua versi di luar sana. Ada edisi umum dan edisi terbatas. Meski versi terjemahan yang saya baca jelas edisi umumnya, tapi ini sudah cukup untuk saya.

Gambar ilustrasi yang biasanya ada dalam cerita-cerita dongeng juga ada di dalam buku ini. Mengapa tidak dicetak warna ya (?), sepertinya akan lebih hidup dan menarik jika demikian. Tapi kalau dikemas dalam buku dongeng dengan ilustrasi penuh warna, memang kurang cocok rasanya jika ada penambahan-penambahan bagian khusus seperti catatan Dumbledore dan yang lainnya. Ilustrasi pada buku lebih banyak dari buku The Tales of Perilous Realm - J.R.R. Tolkien yang juga merupakan kumpulan buku dongeng. Setidaknya ini lah yang saya sukai dari buku J.K.Rowling ini.

Picture: Ilustrasi-ilustrasi yang ada di dalam buku

 

Tokoh dan Karakter


Tokoh yang ada dalam dongeng cukup beragam, mulai dari penyihir, kesatria, raja, anak-anak, atau tokoh-tokoh khusus misalnya animagus. Karakter tiap tokohnya muncul dengan baik. 

 

Alur dan Latar


Tidak ada yang tidak saya suka dari kisah-kisah di buku ini. Ide ceritanya menarik dan pesan-pesannya juga ada. Mungkin untuk pembaca usia kanak-kanak, membaca dongeng ini harus didampingi. Rasanya di dunia kita, buku ini bukan buku dongeng anak. Hanya di dunia J.K. Rowling lah dongeng-dongeng ini disebut sebagai dongeng anak-anaknya penyihir.

Beberapa topik dongeng di buku ini agak mirip dengan dongeng penulis lainnya yang lebih dulu populer, contohnya raja yang ditipu mengingatkan saya pada kisah raja yang telanjang, dan air mancur sihir juga mengingatkan saya pada dongeng lainnya. Tapi karena alur cerita dan endingnya yang berbeda, Kisah-kisah Beedle si Juru Cerita tetap menarik untuk disimak.

Latar cerita pun pas, tidak panjang deskripsinya, tapi cukup untuk kita berimajinasi. 

 

Yang menarik dan atau disuka dari Buku ini

Kenyataan bahwa dongeng ini diceritakan oleh tokoh-tokoh fiksi ciptaan J.K.Rowling, misalnya Dumbledore, memang membuat buku ini jadi istimewa. Bukan soal Dumbledorenya, tapi keberhasilan J.K. Rowling dalam menciptakan dunia Harry Potter yang terasa begitu hidup lengkap dengan dongeng-dongengnya sendiri. Tapi J.R.R. Tolkien sudah lebih dulu punya kemampuan dan ide yang serupa sebenarnya. Namun tetap hanya sedikit penulis yang bisa seperti mereka berdua.

Catatan tentang Catatan Kaki yang ditulis J.K.Rowling melengkapi bagian-bagian yang pasti sedikit membingungkan buat pembaca muggle. Klarifikasi khusus untuk muggle - demikian kata J.K.R. Buku ini adalah cerita anak-anak yang sering diceritakan kepada anak-anak penyihir seperti Ron Weasley, sehingga anak-anak muggle tidak tahu tentang dongeng-dongeng ini.

Sepertinya catatan kaki yang ditulis Profesor Dumbledore diperuntukkan bagi pembaca dari kalangan sihir, jadi terkadang saya menyisipkan penjelasan suatu istilah atau fakta yang mungkin memerlukan klarifikasi khusus untuk para pembaca Muggle.

JKR

Tak lengkap rasanya kalau sebuah buku tidak punya kalimat yang bisa dikutip. Nah ini dia beberapa quotes buku Kisah-Kisah Beedle si Juru Cerita.

Kebenaran itu indah dan mengerikan, dan karenanya harus diperlakukan dengan amat hati-hati.
Halaman 7

Usiklah miseri-misteri terdalam – sumber hidup, esensi diri – hanya jika kau telah siap menanggung konsekuensi paling ekstrem dan paling berbahaya.
Halaman 74

 

Di sepanjang cerita terdapat catatan-catatan kaki yang berisi penjelasan panjang lebar terhadap topik tertentu yang sedang dibahas di halaman yang bersangkutan.

 

 

Pemikiran J.K. Rowling terhadap dongeng jelas menjadi salah satu alasan kenapa kumpulan dongeng ini tersusun. Itulah sebabnya sebuah dongeng bisa ditulis ulang dan dibuat ending yang berbeda.

“Memenuhi benak malaikat-malaikat kecil kita yang masih suci dengan pikiran-pikiran yang sehat dan membahagiakan, menjaga agar tidur mereka tidak dipenuhi mimpi buruk, serta melindungi kepolosan manis mereka.”
Halaman 30

 

Jadi semua dongeng yang ada di buku ini adalah dongeng-dongeng yang diceritakan di dunia fiksinya JK Rowling, dunianya Harry Potter. Hal ini mengingatkan kita pada Prof. Tolkien ya.

Tak cukup sampai di situ, imajinasi Rowling bahkan lebih melebar lagi ke hal-hal yang lebih update seperti,

Baru-baru ini, terbit buku self-help berjudul Berhati Berbulu: Panduan bagi Para Penyihir yang Tidak Mau Berkomitmen. Buku in menduduki peringkat bestseller.

Halaman 76

 

Setiap dongeng disertai pembahasan asal mula dongeng, perkembangannya, bahkan disertai opini-opini para ahli tertentu, yang tentu saja tokoh-tokoh dari dunia Harry Potter.

Seperti yang ditulis filsuf yang dikenal luas, Bertrand de Pensees-Profondes dalam bukunya yan dikenal luas: Studi mengenai Kemungkinan Membalik Efek Aktual dan Metafisik Kematian Alami, dengan Perhatian Khusus kepada Reintegrasi Esensi dan Zat; “Menyerahlah. Hal itu tidak akan pernah berhasil”.

Tetapi, kisah Babbity Rabbity merupakan karya literatur paling awal yag menyebutkan tentang Animagus, karena Babbity si tukang cuci memiliki kemampuan sihir yang sangat langka untuk mengubah diri menjadi hewan jika dia menginginkannya.
Halaman 96

 

Ngomong-ngomong soal dongengnya sendiri, semua kisah dalam buku ini menarik untuk disimak. Ada pesan moral di tiap cerita tanpa menghilangkan ciri khas dunia sihirnya Harry Potter. Dongeng favorit saya adalah Kisah Tiga Saudara karena keapikan alur ceritanya dan pesannya yang dalam. Tapi, mungkin juga dongeng itu jadi kesukaan saya karena sudah pernah disinggung dalam buku dan film Harry Potter, sehingga ketika membacanya lagi di buku ini terasa familiar.

 

Di akhir buku kita akan menemukan sebuah informasi tentang LUMOS (pesan dari CEO Lumos – Georgette Mulheir), yakni sebuah organisasi atau lembaga yang peduli pada anak-anak. Ternyata, dengan membeli buku yang unik dan istimewa ini, kita berarti sudah membantu Lumos untuk memastikan bahwa, pada tahun 2050, di seluruh dunia tak ada lagi anak yang tinggal di institusi, dan bersama-sama dapat meletakkan panti asuhan di masa lalu. Tampaknya cukup banyak para penulis laris dan terkemuka yang menulis buku untuk amal. Bukan cuma J.K. Rowling saja, Khaled Hosseini di tahun 2018 juga menulis buku untuk amal, bedanya hasil penjualannya diberikan untuk para pengungsi korban perang di Afganistan.

 

Siapa J. K. Rowling


J.K.Rowling adalah penulis novel seri Harry Potter yang memperoleh banyak penghargaan dan sangat laris. Seri yang digemari di seluruh dunia ini telah terjual lebih dari 450 juta kopi, diterjemahkan ke dalam 80 bahasa, dan dibuat menjadi 8 film laris. Ia menulis tiga buku pendamping untuk tujuan amal: Quidditch dari Masa ke Masa dan Hewan-Hewan Fantastis dan di Mana Mereka Bisa Ditemukan (untuk membantu Comic Relief dan Lumos), dan Kisah-Kisah Beedle si Juru Cerita (untuk membantu Lumos), juga skenario film yang berdasarkan pada buku Hewan-Hewan Fantastis dan di Mana Mereka Bisa Ditemukan.

J.K.Rowling juga bekerja sama menulis drama, Harry Potter and the Cursed Child Parts One dan Two, yang mulai tampil di West End London pada musim panas 2016. Pada 2012, diluncurkan perusahaan digital J.K. Rowling bernama Pottermore, tempat para penggemar bisa menikmati tulisan terbaru J.K. Rowling dan semakin dalam memasuki dunia sihir. Selain gelar OBE (Officer of the Most Excellent Order of The British Empire) karena sumbangsihnya bagi sastra anak, ia menerima banyak penghargaan dan tanda jasa, termasuk Legion d’honneur dari Prancis dan Hans Christian Andersen Award.

The Tales of Beedle Bard mendapatkan rating Goodread 4.7 dan Amazon 4.6.

 

Rekomendasi


Buku ini saya rekomendasikan kepada pembaca dewasa yang suka buku dongeng tentang sihir, yang suka pada karya-karya J.K. Rowling dan mengikuti semua buku pendamping seri Harry Potter, berilustrasi gambar di tiap dongengnya, buku ini terasa unik karena dilengkapi asal usul dongeng di dunia sihir dengan tambahan catatan khusus dari Albus Dumbledore.

Buku ini bernilai amal. Dengan membeli buku ini, berarti kita sudah membantu Lumos untuk memastikan bahwa, pada tahun 2050, di seluruh dunia tak ada lagi anak yang tinggal di institusi, dan bersama-sama dapat meletakkan panti asuhan di masa lalu.

My Rating : 5/5

 

Klik gambar Whatsapp di bawah ini untuk chat langsung dengan Dipidiff

(terbuka untuk komentar, informasi, dan diskusi tentang buku)

 

 

TERBARU - Buku IMPOR

Review Buku How To See - Thich Nhat Hanh

17-09-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Judul : How To See Penulis : Thich Nhat Hanh Jenis Buku : Self Improvement Penerbit : Ebury Publishing  Tahun Terbit : Juli 2019 Jumlah Halaman :  128 halaman Dimensi Buku : 11.00 x 15.60 x 0.70 cm Harga :...

Read more

Review Buku How To Own The Room - Viv Gr…

27-08-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Judul : How to Own The Room Women and The Art of Brilliant Speaking Penulis : Viv Groskop Jenis Buku : Communication – Public Speaking Penerbit : Transworld Publishers Ltd  Tahun Terbit : Desember 2018 Jumlah Halaman : ...

Read more

Review Buku Wabi Sabi (Japanese Wisdom f…

27-08-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Judul : Wabi Sabi Japanese Wisdom for a Perfectly Imperfect Life Penulis : Beth Kempton Jenis Buku : Philosophy – Self Improvement Penerbit : Harper Design Tahun Terbit : Desember 2018 Jumlah Halaman :  256 halaman Dimensi Buku : ...

Read more

Review Buku Money - Yuval Noah Harari

18-08-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Judul : Money Penulis : Yuval Noah Harari Jenis Buku : Non Fiction History - Economy Penerbit : Vintage Publishing Tahun Terbit : April 2018 Jumlah Halaman : 144 halaman Dimensi Buku :  11.20 x 27.40 x 1.60 cm Harga...

Read more

TERBARU - Buku Indonesia & Terjemahan

Review Buku #MO - Rhenald Kasali

18-09-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Judul : #MO Sebuah Dunia Baru yang Membuat Banyak Orang Gagal Paham Penulis : Rhenald Kasali Jenis Buku : Ekonomi - Bisnis Penerbit : Mizan Tahun Terbit : Agustus 2019 Jumlah Halaman :  446 halaman Dimensi Buku :  15...

Read more

Review Buku Wild Hearts (Ancaman Masa La…

28-04-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Judul : Wild Hearts (Ancaman Masa Lalu) * Harlequin Penulis : Sharon Sala Disain Sampul : Marcel A.W. Jenis Buku : Fiksi Romance Suspense - Misteri Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Tahun Terbit : November 2018 Jumlah Halaman...

Read more

Review Buku A Song of Shadows (Kidung Ba…

14-04-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Judul : A Song of Shadows (Kidung Bayang-Bayang) Penulis : John Connolly Disain Sampul : Edward Iwan Mangopang Jenis Buku : Detektif Kriminal – Misteri - Suspense Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Tahun Terbit : November 2018 Jumlah...

Read more

Review Buku 64 Tips dan Trik Presentasi …

31-03-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Judul : 64 Tips dan Trik Presentasi Public Speaking Mastery in Action Penulis : Ongky Hojanto Disain Sampul : Orkha Creative Jenis Buku : Non Fiksi - Komunikasi Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Tahun Terbit :...

Read more

TERBARU - LIFE STORY

The Best Way to Start a New Habit

18-08-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Banyak orang termasuk saya yang hidupnya penuh rencana perbaikan diri. Fokus pada menemukan kebiasaan baru dan berusaha menghilangkan kebiasaan lama seolah sudah jadi agenda sehari-hari. Tapi niat dan realisasi kadang...

Read more

How To Deal with Anger, Anxiety, and Lon…

17-08-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Ini artikel pertama di blog saya yang membahas satu topik tertentu dalam buku yang saya baca. Harapan saya sederhana, yakni semoga ilmu dan wawasan positif yang saya dapatkan dari buku-buku...

Read more

The Five Things Your Website Should Incl…

17-08-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Website dan blog adalah portal wajib perusahaan masa kini. Penyebabnya tentu saja adalah kemajuan teknologi seperti internet dan gadget. Jaman sekarang memiliki bisnis tak harus memiliki bangunan fisik, cukup dengan...

Read more