Review Buku A Sweet Mistake

Category: Review Fiksi Indonesia Published: Thursday, 13 September 2018 Written by Administrator Print

Judul : A Sweet Mistake

Penulis : Vevina Aisyahra

Jenis Buku : Novel Young Adult

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Tahun Terbit : Desember 2017

Jumlah Halaman : 248 halaman

Dimensi Buku :  13,5 x 20 cm

Harga : Rp. 59.000

ISBN : 9786020378343

Juara 3 Gramedia Writing Project 

 

Sekelumit Tentang Isi

Liona dan Rey bertetangga bahkan kuliah di kampus yang sama, tapi meski mereka saling mengenal satu sama lain tampaknya mereka tidak pernah akur. Bagi Liona, Rey adalah mahasiswa abadi yang selalu sentimen padanya, cowok yang tidak punya masa depan. Rey hanya beruntung karena memiliki keluarga kaya dan bisa mencukupi kebutuhan hidup tanpa harus repot-repot bekerja. Tapi anehnya, cowok itu mampu membuat sahabat Liona tergila-gila. Apa bagusnya sih? Sementara bagi Rey, Liona adalah tetangga pembawa sial. Gadis tanpa ekspresi yang sok cool dan menyebalkan. Tapi anehnya pula, teman-teman Rey malah menyukai cewek muka papan itu. Di mana menariknya, coba?
 
Suatu hari Rey mendapat ide cemerlang untuk mengerjai Liona. Dia berencana mencium Liona dan disaksikan oleh temannya. Rencana itu dianggapnya akan menjadi tebusan paling manis atas rasa tidak sukanya selama ini, karena Liona pasti tak menduga dan akan merasa malu serta marah. Liona berhasil masuk ke dalam perangkap yang dibuat Rey. Namun, yang melihat kejadian itu ternyata bukan cuma teman Rey, tapi juga orang penting dalam keluarga mereka. Benang takdir ternyata punya rencana lain. Keduanya terperangkap dan harus menikah segera. Mereka tak bisa menolak. Akankah hal tersebut membawa keduanya pada akhir yang bahagia? Atau malah menjadi kehancuran bagi keduanya?

 

Seputar Fisik Buku dan Disainnya

Sesuai dengan genre young adult yang diusung novel ini, pilihan warna dan ilustrasi covernya juga terasa segar dan muda. Dalam sekali pandang rasanya sudah tertebak ini bakal jadi novel dengan cerita yang ringan dan percintaan yang manis romantis. Semua kesan itu diperkuat pula oleh jumlah halaman buku yang tidak tebal. Lalu ada ilustrasi pada halaman-halamannya yang memang cocok untuk buku ini.

 

Tokoh dan Karakter

Tokoh utama novel adalah Liona dan Rey. Si cantik dan si tampan yang memang karakternya selalu jadi ikon yang ditunggu di tiap novel percintaan remaja. Teman-teman tidak akan kecewa karena Liona memenuhi semua persyaratan fantasi remaja, begitu pun juga Rey. Liona cantik, pandai, suka masak, dan dia bisa juga lucu serta manja kalau sudah suka sama seseorang. Untuk karakter sehariannya memang Liona cenderung kaku dan cuek pada lawan jenis. Rey, cowok cakep, kaya, yang sekilas kelihatan santai, malas, dan foya-foya, sebenarnya tak kalah pintar dan bisa sangat peduli pada wanita yang ia cintai. So, we know lah ya... bagaimana bakal jadi sweet nya novel ini.
 
Untuk tokoh "jahat" ada ayah Liona yang keras dan menyimpan misteri mengapa memperlakukan Liona dengan dingin. Teman-teman Rey yang sekumpulan cowok kuliahan yang tak kalah cakep, populer, dan kaya seperti Rey mengingatkan kita pada geng nya F4 #eh perumpaannya mengungkapkan betapa seniornya usia saya ya. Lain-lain ada tokoh kakek, mama tiri Liona, dan lain-lain. Menurut saya semua tokoh bermain dengan proporsional dan logis sesuai perannya. Interaksi yang paling disukai tentu saja antara Rey dan Liona.

 

Alur dan Latar

Alur cerita yang ringan bisa menjadi keunggulan dari novel ini. Gaya bahasa remaja (menjelang dewasa) yang digunakan penulis sesuai dengan alur cerita yang dimunculkan. Konfliknya terhitung sederhana dan klise. Tapi, untuk sebuah kisah percintaan remaja young adult, kadang memang cerita yang ringan manis dan tidaj pelik lah yang justru dicari.
 
Ada bagian dari penyelesaian konflik di akhir yang terasa kurang proporsional menurut saya. Alur cerita tiba-tiba menjadi terlalu cepat berganti, berbeda kecepatan dengan bagian-bagian lainnya. Penjelasannya mungkin, penulis ingin menitik beratkan ceritanya pada hal-hal manis fase kisah cinta Liona dan Rey saja, dan menjauhkan pembaca dari kerumitan konflik yang menguras emosi "negatif" terlalu banyak.
 
Teman-teman sedang cari novel young adult yang konfliknya ringan dan banyak sisi greget percintaan remajanya? Nah, buku ini sepertinya sesuai dengan kriteria itu .
 
Latar cerita mengambil lingkungan kampus, rumah orangtua Rey, rumah orangtua Liona, dan mayoritas rumah Rey dan Liona. Deskripsi latarnya tidak detail, tapi masih mencukupi untuk kebutuhan imajinasi pembaca

 

Yang menarik dan atau disuka dari Buku ini

Bagian yang menandai adanya konflik dan yang membuat penasaran pembaca, saya anggap sebagai poin menarik di buku ini. Kecakapan penulis merangkaikan kalimat berhasil memancing rasa penasaran saya.
 
Seberapa banyak pun Liona membela diri, papanya tidak akan pernah percaya. Harusnya Liona tahu, meskipun tinggal serumah, dia sudah sejak lama kehilangan sang papa. Mungkin bagi Papa selama ini Liona hanyalah beban. Jadi, dengan menikahkan Liona dan Rey bisa meringankan beban tersebut.
 
Halaman 45
 
Beberapa bagian dalam alur cerita lumayan berhasil membawa emosi juga.
 
“Dengar, Raka, kakak kamu bukan contoh yang baik untuk kamu. Jangan terlalu akrab sama dia.”
 
Halaman 190
 
Dan seperti umumnya novel percintaan remaja, adegan manis romantis ada di dalam novel ini dan memenuhi ekspektasi buku-buku bergenre sejenis.
 
Buku A Sweet Mistake,  pantas menyabet juara 3 Gramedia Writing Project karena keberhasilannya dalam memunculkan sisi manis percintaan si tampan dan si cantik yang tadinya saling benci lalu berakhir dengan saling cinta. Ini buku yang bakal disuka oleh remaja.
 
Sedangkan untuk saya yang emak-emak beranak satu dengan range young adult ++ , buku ini tetap menghibur. Buku ini mengingatkan sekali pada masa-masa remaja saya dulu yang pernah mengalami masa numpukin buku romance trus khayalan jadi melambung akan cinta sejati yang sweetnya minta ampun.
 
Karena ceritanya yang ringan dan tipikalis, ada kemungkinan buku ini kurang sesuai untuk teman-teman yang sedang ingin membaca novel percintaan yang berkonflik, beralur lebih rumit, atau menguras emosi jiwa ala ala Critical Eleven - Ika Natasha (genrenya juga beda kan ya). Dan kemungkinan bukan buku yang sesuai juga untuk pembaca (bukan) pemula yang biasanya berharap pada detail dan alur cerita yang lebih dinamis serta segar namun tetap manis dan ringan untuk disimak.
 
Pada bagian akhir buku ada penjelasan yang menarik tentang Gramedia Writing Project. Dijabarkan cukup detail bahwa Gramedia Writing Project adalah seleksi pencarian bakat penulis Indonesia. Gramedia Batch pertama diadakan tahun 2013. Penulis yang terpilih lalu dilatih dan diwawancara dan kemudian ditentukanlah para pemenang. Tiga naskah penulis disempurnakan lalu diterbitkan oleh Gramedia, dan 20 penulis terpilih menerbitkan buku kumpulan cerpen. Gramedia Writing Project berikutnya diadakan dengan konsep yang berbeda dengan hadirnya situs online untuk komunitas penulis GWP. Melalui situs ini lalu disaring tulisan-tulisan terbaik yang kemudian digarap lebih intens hingga menjadi buku-buku yang memenangi Gramedia Writing Project itu sendiri.
 

Siapa Vevina Aisyahra

Tampaknya, informasi siapa Vevina Aisyahra belum banyak terdata dimana-mana. Di novel ini pun Rara (demikian nama panggilannya) tergambarkan sebagai remaja young adult, yang sekarang sepertinya sudah lulus kuliah, suka menulis dan memimpikan sebuah bacaan remaja tertentu yang akhirnya ia putuskan untuk ia tulis sendiri, maka jadilah novel a sweet Mistake ini. Kesukaan Rara menulis tertuang pula di wattpad. Rara suka Kpop, Jpop, dan Jdorama. Semoga ini bukan karyanya yang terakhir dan semoga dalam waktu dekat bermunculan buku-buku karya Rara lainnya.
 
A Sweet Mistake mendapatkan rating 3,25 di Goodreads.

 

Rekomendasi

Novel ini saya rekomendasikan kepada pembaca remaja dan dewasa yang menyukai novel percintaan young adult, dengan tokoh cantik dan tampan, pintar dan kaya, tak saling menyukai awalnya, dengan sisi-sisi manis percintaan dibumbui konflik yang ringan. Pembaca pemula akan lebih cocok di novel ini ketimbang mereka yang sudah banyak membaca novel bergenre serupa. Untuk pembaca remaja, buku ini juga terhitung aman karena tidak ada adegan yang vulgar atau topik-topik sensitif tertentu.
 
My Rating : 3.5/5
 
 

Teman-teman, ini review buku kedua yang saya tulis berkolaborasi dengan bookblogger asal Bali, yang bernama Sapta :D. Project baca buku dan review buku kami bernama BACA SANTAI mengingat memang proses pemilihan buku, baca buku, dan review bukunya pun dilakukan dengan santai yang penting happy :D. Di kali kedua ini saya kebagian mereview buku Juara 3 Gramedia Writing Project, sedangkan Sapta mereview buku Juara 1 Gramedia Writing Project. Alasan pemilihan buku-buku ini salah satunya untuk memberikan informasi kepada teman-teman pembaca review seperti apa sih isi buku Juara 1 dan Juara 3. Kenapa buku juara 2 nya tidak direview? Alasannya sederhana, karena kami kebetulan masih berdua saja di aktivitas BACA SANTAI ini. :D. Jika ada teman-teman yang berminta bergabung atau bertanya tentang kegiatan BACA SANTAI ini, silahkan kontak saya atau Sapta ya :). Mari kita sama-sama semangatkan gemar membaca dan menulis :*.

Untuk membaca review buku Juara 1 Gramedia Writing Project yang ditulis oleh Sapta, silakan klik disini. Semoga review kami ini bisa bermanfaat :)

 

 

Klik gambar Whatsapp di bawah ini untuk chat langsung dengan Dipidiff

(terbuka untuk komentar, informasi, dan diskusi tentang buku)

 

 

Hits: 271

TERBARU - Buku IMPOR

Review Buku The Silent Patient - Alex Mi…

19-02-2020 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Judul : The Silent Patient Penulis : Alex Michaelides Jenis Buku : Psychological Suspense Penerbit : Celadon Books Tahun Terbit : February 2019 Jumlah Halaman : 352 halaman Dimensi Buku :  23.37 x 15.75 x 2.29 cm Harga : Rp. 275.000*harga...

Read more

Review Buku The Tattooist of Auschwitz

18-02-2020 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Judul : The Tattooist of Auschwitz (Based on the powerful true story of Lale Sokolov) Penulis : Heather Morris Jenis Buku : Historical Fiction Penerbit : Zaffre Publishing  Tahun Terbit : Januari 2018 Jumlah Halaman :  288 halaman Dimensi...

Read more

Review Buku Why Men Love Bitches - Sherr…

18-01-2020 Dipidiff - avatar Dipidiff

    Judul : Why Men Love Bitches From Doormat to Dreamgirl – A Woman’s Guide to Holding Her Own in a Relationship Penulis : Sherry Argov Jenis Buku : Relationship Penerbit : Adams Media Corporation Tahun Terbit :...

Read more

Review Buku The Power of Nunchi - Euny H…

16-01-2020 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Judul : The Power of Nunchi The Korean Secret to Happiness and Success Penulis : Euny Hong Jenis Buku : Self Improvement Penerbit : Penguin Random House UK Tahun Terbit : September 2019 Jumlah Halaman :  240 halaman Dimensi...

Read more

TERBARU - Buku Indonesia & Terjemahan

Review Buku Sentra - Rhenald Kasali

18-01-2020 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Judul : Sentra – Membangun Kecerdasan dan Kemampuan Anak Sejak Usia Dini, Demi Masa Depan yang Cemerlang Series on Education Penulis : Prof. Rhenal Kasali Jenis Buku : Edukasi Penerbit : Mizan Tahun Terbit : Agustus 2019 Jumlah Halaman...

Read more

Review Buku #MO - Rhenald Kasali

18-09-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Judul : #MO Sebuah Dunia Baru yang Membuat Banyak Orang Gagal Paham Penulis : Rhenald Kasali Jenis Buku : Ekonomi - Bisnis Penerbit : Mizan Tahun Terbit : Agustus 2019 Jumlah Halaman :  446 halaman Dimensi Buku :  15...

Read more

Review Buku Wild Hearts (Ancaman Masa La…

28-04-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Judul : Wild Hearts (Ancaman Masa Lalu) * Harlequin Penulis : Sharon Sala Disain Sampul : Marcel A.W. Jenis Buku : Fiksi Romance Suspense - Misteri Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Tahun Terbit : November 2018 Jumlah Halaman...

Read more

Review Buku A Song of Shadows (Kidung Ba…

14-04-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Judul : A Song of Shadows (Kidung Bayang-Bayang) Penulis : John Connolly Disain Sampul : Edward Iwan Mangopang Jenis Buku : Detektif Kriminal – Misteri - Suspense Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Tahun Terbit : November 2018 Jumlah...

Read more

TERBARU - LIFE STORY

Decluttering Finances

24-10-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

    Inginkah teman-teman memiliki kemampuan mengelola keuangan dengan bijak? Pasti jawabannya ingin. Saya pikir tidak ada seorang pun di antara kita yang tidak ingin memiliki skill memanajemen keuangan, sebab sebesar apapun...

Read more

Work Coffee Cafe (a Review)

17-10-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Familiar kah teman-teman dengan nama cafe ini? Saya sih tidak. Tapi itu kemungkinan karena kami domisili di Bandung Timur dan jarang main ke daerah ini. Padahal tempatnya asyik bahkan klasik...

Read more

Marka Cafe + Kitchen (a Review)

16-10-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Untuk mereka yang biasa ngafe atau duduk-duduk nongkrong sambil menikmati kopi pasti sudah kenal kafe yang satu ini. Saya juga tahu Marka cafe karena diajak partner saya ngobrol-ngobrol tukar pikiran...

Read more