Review Buku Dokumen Delapan - Probo Nella

Published: Saturday, 29 December 2018 Written by Dipidiff

 

 

Judul : Dokumen Delapan

Penulis : Probo Nella

Jenis Buku : Fiksi - Misteri

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Tahun Terbit : Agustus 2018

Jumlah Halaman :  320 halaman

Dimensi Buku :  13.5 x 20 cm

Harga : Rp.75.000

ISBN : 9786020398587

 

  


Sekelumit Tentang Isi

Doc1 Code name: Freedom, Sex: M, Age: 15, Member since: 1 year 10 months ago, About me: ini tidak akan terjadi seandainya Thomas tidak mati.

Doc2 Code name: Diamond, Sex: F, Age: 19, Member since: 5 years 2 months ago, About me: hanya seorang anak perempuan yang berjuang menghidupi keluarga sejak kematian kedua orangtuanya.

Doc3 Code name: Life, Sex: M, Age: 20, Member since: 5 years 8 months ago, About me: mantan napi yang udah diselametin sama situs ini.

Doc4 Code name: Hero, Sex: F, Age: 21, Member since: 3 years 9 months ago, About me: korban buli.

Doc5 Code name: Hope, Sex: M, Age: 25, Member since: 5 years 8 months ago, About me: aku seorang model pakaian. Adikku, satu-satunya keluargaku yang tersisa, meninggal beberapa tahun lalu.

Doc6 Code name: Little Lady, Sex: F, Age: 24, Member since: 1 year 8 months ago, About me: situs ini menyelamatkan **** dari teror seseorang yang membunuh semua teman ****. Seseorang yang mengancam akan membunuh **** juga.

Doc7 Code name: Shadow, Sex: M, Age: 26, Member since: 6 years ago, About me: yah, pokoknya ‘itu’. Males banget harus meringkas semuanya di sini.

Doc8 Code name: unidentified, Sex: unknown, Age: -, Member since: always, About me: Sorry, this post has been removed by the author.

Sebuah situs misterius menyelamatkan tujuh pelaku serta korban kasus pidana yang menghadapi berbagai ancaman maut. Mereka hanya perlu mendaftar jadi anggota di situs itu dan pertolongan apa pun akan langsung diberikan. Dengan cuma-cuma.

Tapi, apa memang benar semua kebaikan itu datang dengan gratis?

Ketika muncul sebuah surel anonim, para anggota mulai membongkar kisah kelam mereka melalui beberapa dokumen. Satu dokumen terakhir muncul dan mengubah segalanya, memaksa mereka melupakan masa lalu serta akhir bahagia yang kini mereka miliki.

Dokumen 8 (code number : unidentified) bermaksud untuk menghapus situs karena berhasil dibobol oleh pemerintah. Sebelum itu ia lakukan, ia meminta ketujuh anggotanya untuk menceritakan kisah mereka masing-masing mengapa bisa menjadi anggota situs tersebut.

Siapakah doc 8? Siapa ketujuh anggota situs? Siapa yang menjadi admin situs itu? Dan apa kaitan mereka satu sama lain.

 

Seputar Fisik Buku dan Disainnya


Biasanya saya suka pada kombinasi warna cerah pada disain sampul buku, tapi yang ini tidak. Tapi mungkin saja justru karena perpaduan warna itulah yang menyebabkan bukunya jadi terlihat menonjol dibanding buku yang lain. Ilustrasi gambarnya sendiri mengingatkan pada gambar objek hologram dan terasa sesuai dengan ide cerita.

 

Tokoh dan Karakter

Freedom (laki-laki), depresi akibat tekanan orangtua.

Diamond (perempuan) ditinggal mati orangtua dan harus merawat nenek dan adik yang down sindrom, pekerja keras.

Life (laki-laki) dirawat oleh kakek misterius, nyaris jadi korban kejahatan seksual.

Hero (perempuan) cantik, diperkosa, dirisak.

Hope (laki-laki) depresi karena identitas diri.

Little Lady (perempuan) yang dijual keperawanannya oleh saudaranya sendiri.

Shadow (laki-laki) sikapnya memberontak, bodoh, terjebak dalam kriminalitas.

Dok8 saya tinggalkan untuk teman-teman cari tahu sendiri identitasnya. Lalu ada Revando, Arjuna, Profesor, Junaedi, Mustika, dan Ariyanti.

 

Alur dan Latar


Alur novel ini maju mundur dan sengaja dibuat rumit, karena letak misteri cerita memang di urut-urutan dokumen dan alur yang dibolak-balik. Kalau dibuat runut, kemungkinan besar novel ini jadi biasa saja. Hati-hati untuk pembaca yang tidak suka alur cerita yang rumit serta kalimat yang ambigu bahkan tidak jelas apa maksudnya, sebab di novel ini ada cukup banyak yang demikian.

Sudut pandang cerita berubah-ubah hampir sebanyak tokoh yang terlibat, itu berarti sekitar delapan atau lebih. Gaya bahasa pun kadang berbeda tergantung tokoh mana yang sedang jadi sudut pandang cerita.

Endingnya tertutup dan konflik terselesaikan dengan cukup baik. Hanya saja ada sesuatu yang kurang pada klimaks, jangan berharap ada kejutan yang besar di dalam cerita, setelah semua misteri hampir terselesaikan, seolah-olah jalan cerita jadi berakhir begitu saja. Maka buku ini kurang sesuai untuk dikategorikan ke dalam genre thriller bahkan suspense. Lebih sesuai jika masuk ke dalam genre crime mystery saja.

 

Deskripsi latarnya cukup detail. Misalnya,

Mereka tengah berdiri di ruang persegi sangat mewah. Semua perabotan terbuat dari kayu jati tua berukir.Mereka tengah berdiri di ruang persegi sangat mewah. Semua perabotan terbuat dari kayu jati tua berukir. Berjajar satu set sofa di tengah dengan dudukan berlapis sulaman benang sutra. Kandelir kristal yang bergantung di langit-langit berkilau terkena pancaran cahaya kekuningan temaram.

Pria itu berjalan mondar-mandir. Sepatu kulit hitamnya berkilau menginjak permadani beledu tebal berpola ornamen Turki. Guci-guci berkilat dan antik ditata rapi di beberapa sisi ruangan. Di sudut, jam raksasa berdentang.

Halaman 182

 

Taman itu tidak luas, namun ditata apik sehingga menambah kesan lapang. Tema hijau segar dan putih mawar menyatu sempurna dengan alam sesungguhnya. Pernak-pernik dekorasi ditata secara minimalis, tampak berkelas namun tetap sederhana. Berkeliling membentuk oval adalah meja-meja penuh makanan berat, sementara meja panjang di tengah taman menyajikan aneka minuman, camila manis pencuci mulut, serta hidangan buah.

Halaman 270

 

Yang menarik dan atau disuka dari Buku ini

Narasinya sebenarnya cukup luwes. Ada cukup banyak kalimat-kalimat yang mampu membuat saya mengangguk-anggukkan kepala tanda setuju saat membacanya. Misalnya,

Sungguh luar biasa bahwa gambar dapat mengabadikan peperangan, pernikahan, kelulusan, panorama, hingga wajah seseorang. Tidak ada yang lebih mengagumkan dari gambar yang dapat menjadi simbol sekaligus memaknai segala suasana.

Saya jatuh cinta pada gambar yang dapat menjadi segalanya sekaligus satu hal saja pada saat yang sama.

Halaman 8

 

Rasanya topik ini klise ya. Sudah banyak buku yang mengangkat hal ini atau cuma menyinggung sedikit dalam ceritanya. Hanya bedanya di buku ini profesinya lebih aktual saja, biasanya hanya seputar pekerja seniman, tapi yang ini memasukkan bloger juga ke dalamnya.

Papa saya menganggap melukis adalah pekerjaan untuk karakter dalam dongeng. Mama saya juga sangat malu akan hal tersebut. Menurut beliau profesi pelukis hanya ada dalam film-fiilm, sama halnya seperti detektif swasta, penulis, bloger, pianis, penari, dan pesulap. Bagi Mama, menjadi pelukis adalah pekerjaan semu. Semu berarti bukan sebenarnya, yang berarti sama saja dengan menjadi pengangguran. Berujung pada kelaparan, lalu mati.

Halaman 9

 

Ide yang cukup bagus sebenarnya, hanya kurang konkrit dan kurang detail jadi masih terasa kurang logis.

Situs yang dibukanya tidak dapat dibuka sembarang orang. Saya tahu. Ponsel saya sudah menjadi korbannya. Semula saya hanya berpikir untuk mencoba-coba dan memalsu identitas saya, lalu tahu-tahu ponsel saya terinfeksi Trojan kurang dari lima menit berikutnya.

Halaman 24

 

Ada kalimat-kalimat yang bagus untuk dicatat sebagai quotes buku, misalnya,

Hidup berubah, seiring masa yang berganti. Hanya satu yang tetap, bahwa kita lahir di dunia ini menjalani hidup singkat yang penuh misteri, hingga akhirnya dipanggil untuk kembali.

Halaman 61

 

Beberapa kalimat lainnya bagus untuk direnungkan lebih dalam. Misalnya,

Dan sepemarah apa pun gue, tetap gue nggak bisa balas dendam ke orang yang gue suka. Gue rasa karena itulah perasaan cinta bisa buat seseorang jadi lebih manusiawi. Karena kita bakal berpikir dua kali sebelum menyakiti. Yah, walau pada akhirnya kita bakal menyadari bahwa hal yang justru tanpa sadar kita lakukan adalah terus melindungi.

Halaman 76

 

Dokumen yang ditampilkan tidak berurutan di dalam novel, mula-mula akan membuat bingung pembaca. Apalagi diselipi pula dengan bab-bab alur cerita yang bukan bagian dari dokumen (random tanggalnya). Ini lumayan menantang sebenarnya untuk pembaca yang suka misteri atau suka buku yang unik. Tapi untuk pembaca lainnya, menyimak novel ini mungkin akan merasa lelah bahkan kesal. Sedikit saran, abaikan tanggal publish dan edit dokumen, dan baca cerita dengan mengalir saja.

Picture : bagian buku Dokumen Delapan

 
Dari komposisi bintang yang diperoleh novel ini, bintang 4 dan 3 memiliki persentase yang kurang lebih sama. Jumlah pereviewernya juga masih sedikit. Beberapa reviewer di Goodreads memuji Dokumen Delapan sebagai novel debutan yang cukup rapi. Tapi sebagian reviewer juga menyayangkan banyaknya kalimat yang tidak jelas apa maksudnya di dalam narasi yang ada. Dalam kedua hal ini saya sependapat. Ada sedikit keganjilan juga dalam alur cerita. Tapi menurut saya masih bisa diabaikan. Nikmati kisah tokoh dalam tiap dokumen seperti menikmati kumpulan cerpen juga bisa menjadi kunci cara menikmati buku ini. Ide ceritanya menarik dan sisi emosinya cukup tergali. Sekali lagi perlu kiranya kita mengingat bahwa Dokumen Delapan adalah sebuah novel debutan. 

 

Siapa Probo Nella

Probo Nella adalah sesosok manusia yang dilahirkan di Jawa Timur dan sedang menempuh pendidikan di Jawa Tengah. Novel Dokumen Delapan mulai ditulisnya tak lama setelah dia dinyatakan lulus dari SMA.

Rating Goodreads 3.57

 

Rekomendasi
Buku ini saya rekomendasikan kepada pembaca usia dewasa yang menyukai novel bergenre crime mystery (ini bukan thriller atau suspense), yang unik alur ceritanya, kombinasi alur maju dan mundur, narasinya cukup luwes tapi banyak pula kalimatnya yang sulit dipahami (hati-hati ini bisa membuat kesal). Sudut pandang cerita berganti-ganti dan beberapa disertai pergantian gaya bahasa. Selain unsur misterinya, tidak ada konflik lain yang mencekam atau menegangkan. Ketegangan dan emosi hanya dibangun dari cerita para tokoh di dalam dokumennya masing-masing. Cukup baik, tapi "tidak mewah". Ini sebuah novel debutan yang cukup rapi.


Catatan : terdapat adegan kekerasan

My Rating : 3.6/5

 

 

Klik gambar Whatsapp di bawah ini untuk chat langsung dengan Dipidiff

(terbuka untuk komentar, informasi, dan diskusi tentang buku)

 

 

TERBARU - Buku IMPOR

Review Buku How To See - Thich Nhat Hanh

17-09-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Judul : How To See Penulis : Thich Nhat Hanh Jenis Buku : Self Improvement Penerbit : Ebury Publishing  Tahun Terbit : Juli 2019 Jumlah Halaman :  128 halaman Dimensi Buku : 11.00 x 15.60 x 0.70 cm Harga :...

Read more

Review Buku How To Own The Room - Viv Gr…

27-08-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Judul : How to Own The Room Women and The Art of Brilliant Speaking Penulis : Viv Groskop Jenis Buku : Communication – Public Speaking Penerbit : Transworld Publishers Ltd  Tahun Terbit : Desember 2018 Jumlah Halaman : ...

Read more

Review Buku Wabi Sabi (Japanese Wisdom f…

27-08-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Judul : Wabi Sabi Japanese Wisdom for a Perfectly Imperfect Life Penulis : Beth Kempton Jenis Buku : Philosophy – Self Improvement Penerbit : Harper Design Tahun Terbit : Desember 2018 Jumlah Halaman :  256 halaman Dimensi Buku : ...

Read more

Review Buku Money - Yuval Noah Harari

18-08-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Judul : Money Penulis : Yuval Noah Harari Jenis Buku : Non Fiction History - Economy Penerbit : Vintage Publishing Tahun Terbit : April 2018 Jumlah Halaman : 144 halaman Dimensi Buku :  11.20 x 27.40 x 1.60 cm Harga...

Read more

TERBARU - Buku Indonesia & Terjemahan

Review Buku #MO - Rhenald Kasali

18-09-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Judul : #MO Sebuah Dunia Baru yang Membuat Banyak Orang Gagal Paham Penulis : Rhenald Kasali Jenis Buku : Ekonomi - Bisnis Penerbit : Mizan Tahun Terbit : Agustus 2019 Jumlah Halaman :  446 halaman Dimensi Buku :  15...

Read more

Review Buku Wild Hearts (Ancaman Masa La…

28-04-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Judul : Wild Hearts (Ancaman Masa Lalu) * Harlequin Penulis : Sharon Sala Disain Sampul : Marcel A.W. Jenis Buku : Fiksi Romance Suspense - Misteri Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Tahun Terbit : November 2018 Jumlah Halaman...

Read more

Review Buku A Song of Shadows (Kidung Ba…

14-04-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Judul : A Song of Shadows (Kidung Bayang-Bayang) Penulis : John Connolly Disain Sampul : Edward Iwan Mangopang Jenis Buku : Detektif Kriminal – Misteri - Suspense Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Tahun Terbit : November 2018 Jumlah...

Read more

Review Buku 64 Tips dan Trik Presentasi …

31-03-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Judul : 64 Tips dan Trik Presentasi Public Speaking Mastery in Action Penulis : Ongky Hojanto Disain Sampul : Orkha Creative Jenis Buku : Non Fiksi - Komunikasi Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Tahun Terbit :...

Read more

TERBARU - LIFE STORY

The Best Way to Start a New Habit

18-08-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Banyak orang termasuk saya yang hidupnya penuh rencana perbaikan diri. Fokus pada menemukan kebiasaan baru dan berusaha menghilangkan kebiasaan lama seolah sudah jadi agenda sehari-hari. Tapi niat dan realisasi kadang...

Read more

How To Deal with Anger, Anxiety, and Lon…

17-08-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Ini artikel pertama di blog saya yang membahas satu topik tertentu dalam buku yang saya baca. Harapan saya sederhana, yakni semoga ilmu dan wawasan positif yang saya dapatkan dari buku-buku...

Read more

The Five Things Your Website Should Incl…

17-08-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Website dan blog adalah portal wajib perusahaan masa kini. Penyebabnya tentu saja adalah kemajuan teknologi seperti internet dan gadget. Jaman sekarang memiliki bisnis tak harus memiliki bangunan fisik, cukup dengan...

Read more