Review Buku Atomic Habits - James Clear

Published: Thursday, 11 July 2019 Written by Dipidiff

 

Judul : Atomic Habits – Tiny Changes, Remarkable Results

Penulis : James Clear

Jenis Buku :  Self - Improvement

Penerbit : Avery Publishing Grou

Tahun Terbit : Oktober 2018

Jumlah Halaman : 320 halaman

Dimensi Buku :  23.11 x 15.75 x 3.05 cm

Harga : Rp.280.000 *harga sewaktu-waktu dapat berubah

ISBN : 9780735211292

Hardcover

Edisi Bahasa Inggris

#8 Amazon this week

The instant New York Times bestseller

Available at Periplus Bandung Bookstore (ig @Periplus_setiabudhi, @Periplus_husein1 , @Periplus_husein2)

 

 

Sekelumit Tentang Isi

Apa pun yang menjadi tujuan kita, Atomic Habits menawarkan sebuah kerangka kerja yang telah terbukti hasilnya dalam peningkatan kualitas diri setiap harinya. James Clear, salah satu pakar terkemuka dunia tentang pembentukan kebiasaan, memaparkan strategi praktis cara membentuk kebiasaan baik, menghilangkan kebiasaan buruk, dan menguasai perilaku kecil yang mengarah pada hasil yang luar biasa.

Jika kita kesulitan mengubah suatu kebiasaan, masalahnya sebenarnya bukan terletak pada diri kita. Masalahnya ada dalam sistem yang kita miliki. Kebiasaan buruk terus berulang bukan karena kita tidak ingin berubah, tetapi karena kita memiliki sistem perubahan yang salah. Di buku ini, kita akan mendapatkan sistem terbukti yang dapat membawa kita ke level perubahan yang baru.

Clear dikenal karena kemampuannya untuk menyaring topik yang kompleks menjadi perilaku sederhana yang dapat dengan mudah diterapkan pada pekerjaan dan kehidupan sehari-hari. Di sini, ia memformulasikan pengetahuan bidang biologi, psikologi, dan ilmu saraf untuk membuat panduan yang mudah dipahami untuk membentuk kebiasaan yang baik menjadi tak terhindarkan dan kebiasaan buruk menjadi tidak mungkin. Sepanjang jalan, pembaca akan terinspirasi dan dihibur dengan kisah-kisah nyata dari peraih medali emas Olimpiade, seniman pemenang penghargaan, pemimpin bisnis, dokter penyelamat jiwa, dan komedian bintang yang telah menggunakan ilmu kebiasaan kecil untuk menguasai bidang mereka dan melompat ke level yang teratas.

 

Di buku Atomic Habit kita akan mempelajari cara:

   * meluangkan waktu untuk kebiasaan baru;

   * mengatasi kurangnya motivasi dan kemauan;

   * merancang lingkungan untuk membuat kesuksesan lebih mudah;

   * kembali ke jalur ketika menyimpang dari arah tujuan;

...dan banyak lagi

 

Atomic Habits akan membentuk kembali cara berpikir kita tentang kemajuan dan kesuksesan, dan memberi kita alat dan strategi yang kita butuhkan untuk mengubah kebiasaan kita untuk apapun tujuannya - apakah kita tim yang ingin memenangkan kejuaraan, organisasi yang berharap untuk mendefinisikan kembali sebuah industri, atau hanya sebuah individu yang ingin berhenti merokok, menurunkan berat badan, mengurangi stres, dan lain sebagainya

 

Yuk kita intip daftar isinya:

Introduction : My Story

The Fundamentals

Why Tiny Changes Make a Big Difference

  1. The Surprising Power of Atomic Habits
  2. How Your Habits Shape Your Identity (and Vice Versa)
  3. How to Build Better Habits in 4 Simple Steps

The 1st Law

Make It Obvious

  1. The Man Who Didnt Look Right
  2. The Best Way to Start a New Habit
  3. Motivation is Overrated; Environment Often Matters More
  4. The Secret to Self-Control

 The 2nd Law

Make It Attractive

  1. How To Make Habit Irresistible
  2. The Role of Family and Friends in Shaping Your Habits
  3. How To Find and Fix the Causes of Your Bad Habits

The 3rd Law

Make It Easy

  1. Walk Slowly, But Never Backward
  2. The Law of Least Effort
  3. How to Stop Procrastinating by Using the Two-Minute Rule
  4. How to Make Good Habits Inevitable and Bad Habits Impossible

The 4th Law

Make It Satisfying

  1. The Cardinal Rule of Behaviour Change
  2. How to Stick with Good Habits Every Day
  3. How an Accountability Partner Can Change Everything

Advance Tactics

How To Go From Being Merely Good to Being Truly Great

  1. The Truth About Talent (When Genes Matter and When They Dont)
  2. The Goldilocks Rule: How To Stay Motivated in Life and Work
  3. The Downside of Creating Good Habits

Conclusion: The Secret to Results That Last

Appendix

What You Should You Read Next

Little Lessons from the Four Laws

How to Apply These Ideas to Business

How to Apply These Ideas to Parenting

Acknowledgment

Notes

Index 

 

Buku ini berisi rencana langkah demi langkah untuk membangun kebiasaan yang lebih baik - bukan untuk berhari-hari atau berminggu-minggu, tetapi untuk seumur hidup. Buku ini bukan makalah penelitian akademis; ini adalah manual operasi. Kita akan menemukan kebijaksanaan dan saran praktis di bagian depan dan tengah saat Clear menjelaskan ilmu cara membuat dan mengubah kebiasaan dengan cara yang mudah dipahami dan diterapkan.

 

Clear menyintesis ide-ide terbaik yang ditemukan oleh orang-orang pintar sejak lama, serta penemuan-penemuan paling menarik yang pernah dibuat oleh ilmuwan baru-baru ini. Kontribusi James Clear adalah menemukan ide-ide yang paling penting dan menghubungkannya dengan cara yang bisa ditindaklanjuti.

Dasar buku ini adalah model empat langkah kebiasaan, cue, craving, response, dan reward - dan empat hukum perubahan perilaku yang berevolusi dari langkah-langkah ini. Pembaca dengan latar belakang psikologis mungkin mengenali beberapa istilah ini yang pertama kali diusulkan sebagai "stimulus, respons, penghargaan" oleh BF Skinner pada 1930-an dan telah dipopulerkan baru-baru ini sebagai "cue, routine, reward" di The Power of Habit oleh Charles Duhigg. 

Atomic Habits adalah model terintegrasi dari ilmu kognitif dan perilaku. Ini adalah salah satu model pertama perilaku manusia yang secara akurat menjelaskan pengaruh rangsangan eksternal dan emosi internal pada kebiasaan kita. Strategi yang dibahas Clear relevan bagi siapa saja yang mencari sistem selangkah demi selangkah perbaikan untuk beragam tujuan, misalnya kesehatan, uang, produktivitas, hubungan, atau semua hal tersebut .

 

 

Seputar Fisik Buku dan Disainnya

 

 

Disain sampul yang menggunakan warna emas memang seringnya terlihat elegan ya. Demikian pula dengan sampul buku Atomic Habits ini. Tulisan judul yang ukuran hurufnya yang jauh lebih besar dari tulisan lainnya berhasil menonjolkan kata Habits yang bagi para pembaca buku self improvement adalah salah satu kata yang selalu segera menarik perhatian dan memunculkan rasa penasaran.

Yang saya sukai pula dari buku edisi hardcover ini adalah kenyamanan yang diberikannya saat proses membaca. Ukuran huruf cukup besar dengan spasi yang tidak terlalu rapat. Buku-buku hardcover memang biasanya demikian. Meski ada juga kekurangannya, misalnya buku ini jadi tidak begitu asyik buat dibawa-bawa karena ukuran fisiknya yang besar.

 

Opini - Yang menarik dan atau disuka dari Buku ini

Buku Atomic Habits dibuka dengan cerita pengalaman hidup James Clear yang mengalami kecekalaan fatal saat remaja, membuatnya terpuruk bukan hanya secara mental tapi juga menjadikannya individu yang harus dibantu bahkan untuk aktifitas sederhana sehari-hari. Dari situasi itulah, James Clear muda justru menemukan insight untuk bangkit dan pantang menyerah. Tak peduli akan bagaimana hasilnya, bagi Clear hal yang terpenting adalah memulai perubahan itu sendiri, dari hal-hal yang kecil dan sederhana. Upaya dan tekad ini berbuah hasil, James Clear tidak hanya pulih kesehatannya tapi juga menjadi salah satu orang yang sukses. Kisahnya sangat menggugah ya. Meski cerita-cerita pengalaman hidup seperti ini kerap menjadi opening buku-buku self improvement, saya tak pernah merasa bosan. Hidup setiap orang selalu berbeda satu sama lain, dan ada orang-orang yang jalan hidupnya bisa begitu menginspirasi, salah satunya menurut saya adalah James Clear ini.

On the final day of my sophomore year of high school, I was hit on the face with a baseball bat. As my classmate took a full swing, the batt slipped out of his hands and came flying toward me before striking me directly between the eyes. I have no memory of the moment of impact.

The bat smashed into my face with such force that it crushed my nose into a distorted U-shape. The collision sent the soft tissue of my brain slamming into the inside of my skull. Immediately, a wave of swelling surged throughout my head. In a fraction of a second, I had a broken nose, multiple skull fractures, and two shattered eye sockets.

Introduction

 

Hal lain yang saya sukai dari buku Atomic Habits adalah penjelasannya yang runut dan sering menggunakan poin-poin sehingga lebih nyaman dibaca serta mudah dipahami. Misalnya:

What’s the difference between systems and goals? It’s a distinction I first learned from Scott Adams, the cartoonist behind the Dilbert comic. Goals are about the results you want to achieve. Systems are about the processes that lead to those results.

  • If you’re a coach, your goal might be to win a championship. Your system is the way you recruit players, manage your assistant coaches, and conduct practice.
  • ...
  • ..

Page 23

Changing our habits is challenging for two reasons: (1) we try to change the wrong thing and (2) we try to change our habits in the wrong way. In this chapter, I’ll address the first point. In the chapters that follow, I’ll answer the second.

..

Chapter 2

 

Ada juga bagian dalam buku yang menjelaskan definisi dan makna kata atomic habits. Korelasi antara metode dan judul serta merta terasa kaitannya ya.

Focusing on the overall system, rather than a single goal, is one of the core themes of this book. It is also one of the deeper menaings behind the word atomic. By now, you’ve probably realized that an atomic habit refers to a tiny change, a marginal gain, a 1 percent improvement. But atomic habits are not just any old habits, however small. They are little habits that are part of a larger system. Just as atoms are the building blocks of molecules, atomis habits are the building blocks of remarkable results.

...

This is the meaning of the phrase atomic habits – a regular practice or routine that is not only small and easy to do, but also the source of incredible power; a component of the system of compound growth.

Page 27

 

Banyak gambar yang disajikan dalam buku, mulai dari grafik, tabel, diagram, hingga kurva. Untuk saya yang menyukai sajian data yang beragam, buku ini terasa sekali kelebihannya dibanding buku lainnya. Saya juga merasa tidak lelah karena adanya gambar-gambar yang seolah menjadi intermezo setiap kali sedang menyimak penjabaran metode Atomic Habits. Buku ini tidak membosankan.

Picture: Beberapa gambar dalam buku

 

 

Di setiap bab selalu ada summary di akhir. Ini juga hal yang penting dan memudahkan bagi pembaca buku menurut saya. Tidak semua poin dalam ringkasan mewakili kebutuhan saya, tapi secara garis besar hal-hal yang penting sudah diberi rangkuman oleh buku Atomic Habits ini per chapternya. Saya tampilkan foto salah satu halaman berisi summary di bawah ini,

Picture: Halaman Summary di akhir bab

Chapter Summary

  • Habits are the compound interest of self-improvement. Getting 1 percent better every day counts for a lot in the long-run
  • Habits are a double-edged sword. They can work for you or against you, which is why understanding the deatils is essential.
  • ...
  • ...

Page 28

 

Fakta ilmiah, teori-teori tokoh ternama bidang biologi, psikologi, dan ahli syaraf dijabarkan di buku ini, menjadi dasar dari metode yang dikembangkan oleh James Clear. Persis seperti apa yang Clear sampaikan di bagian introduction, bahwa ia menyintesis ide-ide terbaik yang ditemukan oleh orang-orang pintar sejak lama, serta penemuan-penemuan paling menarik yang pernah dibuat oleh ilmuwan baru-baru ini, maka memang demikianlah adanya Atomic Habits itu. Dan benar pula bahwa kontribusi James Clear adalah menemukan ide-ide yang paling penting dan menghubungkannya dengan cara yang bisa ditindaklanjuti oleh kita.

In 1898, a psychologist named Edward Thorndike conducted an experiment that would lay the foundation for our understanding of how habits form and the rules that guide our behavior. Thorndike was interested in studying the behaviour of animals, and he started by working with cats.

...

Chapter 3

Scientists can tract the precise moment a craving occurs by measuring a neutrotransmitter called domapine. The importance of dopamine became apparent in 1954 when the neuroscientist James Olds and Petter Milner ran an experiment that revealed the neurological processes behind craving and desire. By implanting electrodes in the brains of rats, the researches blocked the release of dopamine...

Page 105

Temptation bundling is one way to apply a psychological theory known as Premack’s Principle. Named after the work of professor Devid Premack, the principle states that “more probable behaviour will reinforce less probable behaviours.” In other words, even if you dont really want to process overdue work emails, you’ll become conditioned to do it if it means you get to do something you really want to do along the way.

Page 110

 

Setelah disimak, metode Atomic Habits memang familiar karena mengingatkan kita pada teori beberapa tokoh sebelumnya, terutama Charles Duhigg yang bukunya sudah lebih dulu terbit dan dibaca banyak orang. Meskipun demikian, saya pribadi, mendapati diri saya jauh lebih menyukai buku Atomic Habits karena sisi kelengkapannya dan kemudahan pengaplikasiannya.

 

 

Kadang ada yang narasinya yang berbentuk dialog. Jadi tidak melulu berbentuk pemaparan, tapi ada variasi model penulisan yang tentu saja membuat buku ini menjadi semakin menarik dan tidak membosankan untuk terus dibaca.

The psychologist Gary Klein once told me a story about a woman who attended a family gathering. She had spent years working as a paramedic, and, upon arriving at the event, took one look at her father-in-law and got very concerned.

“I don't like the way you look,” she said.

Her father-in-law, who was feeling perfectly fine, jockingly replied. “Well, I don't like your looks, either.”

“No,” she insisted. “You need to go to the hospital now.”

...

Chapter 4

 

Ada satu dua cerita yang berunsur sejarah di dalam buku ini. Story telling memang salah satu gaya pemaparan James Clear. Tentu saja cerita-cerita berbau sejarah ini berhubungan erat dengan topik yang akan disampaikan di bab yang bersangkutan. Salah satu contohnya adalah cerita tentang pasukan Amerika yang ternyata signifikan terbukti menjadi pecandu narkoba saat bertugas di Vietnam. Mereka memiliki habit buruk tersebut karena salah satunya adalah lingkungan yang mendukung mereka ke arah akses yang mudah untuk mendapatkan heroin. Ini nanti berkaitan dengan metoda Atomic Habits yang berkaitan dengan menciptakan lingkungan yang kondusif sesuai arah habit positif yang sedang kita bentuk.

In 1971, as the Vietnam War was heading into its sixteenth year, congressmen Robert Steele from Connecticut and Morgan Murphy from Illinois made a discovery that stunned the American public. While visiting the troops, thay had learned that over 15 percent of U.S. soldiers stationed there were heroin addicts.

...

Chapter 7

 

Catatan kaki di buku ini tidak melulu berisi keterangan jurnal ilmiah atau judul eksperimen, tapi ada juga yang spacenya begitu lebar dan ternyata berisi cerita pengalaman singkat penulis tentang suatu kejadian tertentu. Misalnya di bawah ini,

Picture: salah satu halaman kaki di dalam buku

 

 

Buku Atomic Habits berisi banyak strategi untuk membentuk kebiasaan baik dan menghilangkan kebiasaan buruk. Misalnya 'two step process to changing your identity', 'the four laws of behaviour', 'pointing-and-calling strategy', 'the habit scorecard', 'habit stacking strategy', 'temptation bundling', dan lain-lain. Beberapa strategi dibuat ke dalam formula yang menarik untuk disimak dan diterapkan. Misalnya,

The simple way to apply this strategy to your habits is to fill out this sentence

  • I will (BEHAVIOUR) at (TIME) in (LOCATION)
  • I will meditate for one minute at 7 a m in my kitchen
  • I will study Spanish for twenty minutes at 6 pm in my bedroom
  • ...
  • ...

 

Ada bagian dalam pemaparan James Clear yang mengingatkan saya pada buku Grit - Angela Duckworth karena menyebutkan karakter grit sebagai salah satu kekuatan yang utama dalam meraih kesuksesan. Setelah membaca buku ini, saya merasa dua buku ini memiliki keterkaitan tertentu. Atomic Habits mengajarkan kepada kita cara membentuk habits hingga menjadi identity, dan pada titik tertentu menuju pembentukan identity tersebut, grit berada di dalam fasenya.

So, yes, perseverance, grit, and will power are essential to success, but the way to improve these qualities is not by wishing you were a more disciplined person, but by creating a more disciplined environment.

Page 93

Baca juga "Review Buku Grit - Angela Duckworth"

 

Hal lainnya yang saya sukai dari buku Atomic Habits adalah adanya penjelasan yang detail, disertai contoh-contoh pula. Jikapun kebetulan kasus kita berbeda dengan yang dicontohkan, kita tetap mendapatkan inspirasi dari contoh-contoh yang ada. Selain itu, buku ini tidak hanya membahas cara membentuk habit yang baik tapi juga habit yang buruk. Dan itu menjadikan bahasan James Clear ini nyata dan komprehensif karena manusia memang memiliki dua habit tersebut. 

A more reliable approach is to cut bad habits off at the source. One of the most practical ways to eliminate a bad habit is to reduce exposure to the cue that causes it

  • If you cant seem to get any work done, leave your phone in another room for a few hours
  • If you’re continually feeling like you’re not enough, stop following social media accounts that trigger jealously and envy.
  • ...

Page 94

 

Jangan lupa untuk menyimak dua bab terakhir, yakni bab "How to Apply These Ideas to Business" dan "How to Apply These Ideas to Parenting" yang bisa kita akses materinya dengan cara men-download-nya di website Atomic Habits.

 

Tanggapan para pembaca atas buku ini pada umumnya sangat baik, terutama terlihat dari rating amazonnya yang tinggi, nyaris mencapai 5 bintang. Namun ada pula pembaca yang memberikan rating rendah atau biasa pada buku ini. Mereka yang menyukai Atomic Habits mengatakan buku ini memiliki insights, strategi, dan kedetailan dalam langkah-langkah aplikasinya. Narasinya enak dibaca dan jelas isi buku ini bermanfaat sekali untuk mereka yang mencari cara untuk membentuk habit positif atau menghilangkan kebiasaan negatif. Namun ada beberapa pembaca yang memberikan opini bernada kritik untuk buku Atomic Habits. Mereka berpendapat bahwa isi buku Atomic Habits streotipe buku-buku self improvement lainnya yang kerap mencuil cerita atau teori tokoh lain untuk mendukung teori yang sedang mereka sampaikan, yang jika cuilan itu dilengkapi bagiannya akan terlihat bahwa sebenarnya cerita atau teori itu sebenarnya tidak berkaitan bahkan kontra. Ada pula yang merasa isi buku Atomic Habits terlalu 'positif' sehingga membiaskan pembacanya pada fakta bahwa meski semua strategi Atomic Habits sudah dilakukan maka akan selalu ada kemungkinan berakhir gagal.

 

Apapun opini orang-orang, saya secara pribadi sangat menyukai buku ini, dan merekomendasikannya kepada mereka yang membutuhkan buku self-improvement yang detail, jelas arahnya, mudah dipahami, nyaman dibaca, lengkap dengan contoh-contoh, dan lengkap pembahasannya. Insight buku ini banyak, dan menginspirasi ke arah yang positif. Ide-idenya logis dan bisa diterapkan terutama karena Atomic Habits berfokus dari hal-hal yang kecil dan sederhana.

 

Siapa James Clear

James Clear adalah seorang penulis dan pembicara yang memfokuskan dirinya pada topik 'habit', 'decision-making', dan 'continuous improvement'. Karyanya telah muncul di tajuk The New York Times, Time, dan Entrepreneur, dan di CBS This Morning. Situs webnya menerima jutaan pengunjung setiap bulan, dan ratusan ribu berlangganan newsletter emailnya yang populer.

James Clear adalah pembicara reguler di perusahaan Fortune 500 dan karyanya digunakan oleh tim di NFL, NBA, dan MLB. Melalui kursus online-nya, The Habits Academy, Clear telah mengajar lebih dari 10.000 pemimpin, manajer, pelatih, dan guru. The Habits Academy adalah platform pelatihan utama bagi individu dan organisasi yang tertarik untuk membangun kebiasaan yang lebih baik dalam kehidupan dan pekerjaan

 

Buku Atomic Habits mendapatkan rating 4.8 di situs Amazon dan 4.32 di Goodreads.

 

Rekomendasi

Buku ini saya rekomendasikan kepada pembaca yang mencari buku non fiksi genre self improvement yang membahas strategi membentuk kebiasaan positif dan menghilangkan kebiasaan negatif. Buku ini detail, pemaparannya dilengkapi latar cerita, teori tokoh, fakta ilmiah, hasil riset, serta ide penulis sendiri. Tiap strateginya disertai contoh-contoh yang jelas. Ada diagram, tabel, grafik, dan kurva. Tiap bab diakhiri dengan summary yang memudahkan kita untuk mengingat kembali hal-hal penting di bab bersangkutan. Hal-hal penting juga sering ditulis dalam poin-poin yang juga memudahkan proses pemahaman. Penulisannya berbentuk story telling, pemaparan, dan dialog. Atomic Habits terasa nyata bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari karena memang penekanannya yang berada pada perubahan hal-hal kecil dan mudah. Buku ini akan mengingatkan kita pada buku-buku self improvement tentang habit yang sudah lebih dulu terbit dan populer, tapi buku ini tetap utama untuk dibaca karena sisi kelengkapan bahasannya dan pendekatannya yang membuat strateginya mudah dipahami dan mudah untuk diaplikasikan.

 

My Rating : 4.7/5

 

Atomic Habits direview spesial bersama Doms ig @domsbookmark. Terimakasih Doms ^^

 

 Silakan membaca review buku Atomic Habits yang Doms : "Review Atomic Habits by Doms"

 

 

 

Klik gambar Whatsapp di bawah ini untuk chat langsung dengan Dipidiff

(terbuka untuk komentar, informasi, dan diskusi tentang buku)

 

 

TERBARU - Buku IMPOR

Review Buku How To See - Thich Nhat Hanh

17-09-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Judul : How To See Penulis : Thich Nhat Hanh Jenis Buku : Self Improvement Penerbit : Ebury Publishing  Tahun Terbit : Juli 2019 Jumlah Halaman :  128 halaman Dimensi Buku : 11.00 x 15.60 x 0.70 cm Harga :...

Read more

Review Buku How To Own The Room - Viv Gr…

27-08-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Judul : How to Own The Room Women and The Art of Brilliant Speaking Penulis : Viv Groskop Jenis Buku : Communication – Public Speaking Penerbit : Transworld Publishers Ltd  Tahun Terbit : Desember 2018 Jumlah Halaman : ...

Read more

Review Buku Wabi Sabi (Japanese Wisdom f…

27-08-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Judul : Wabi Sabi Japanese Wisdom for a Perfectly Imperfect Life Penulis : Beth Kempton Jenis Buku : Philosophy – Self Improvement Penerbit : Harper Design Tahun Terbit : Desember 2018 Jumlah Halaman :  256 halaman Dimensi Buku : ...

Read more

Review Buku Money - Yuval Noah Harari

18-08-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Judul : Money Penulis : Yuval Noah Harari Jenis Buku : Non Fiction History - Economy Penerbit : Vintage Publishing Tahun Terbit : April 2018 Jumlah Halaman : 144 halaman Dimensi Buku :  11.20 x 27.40 x 1.60 cm Harga...

Read more

TERBARU - Buku Indonesia & Terjemahan

Review Buku #MO - Rhenald Kasali

18-09-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Judul : #MO Sebuah Dunia Baru yang Membuat Banyak Orang Gagal Paham Penulis : Rhenald Kasali Jenis Buku : Ekonomi - Bisnis Penerbit : Mizan Tahun Terbit : Agustus 2019 Jumlah Halaman :  446 halaman Dimensi Buku :  15...

Read more

Review Buku Wild Hearts (Ancaman Masa La…

28-04-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Judul : Wild Hearts (Ancaman Masa Lalu) * Harlequin Penulis : Sharon Sala Disain Sampul : Marcel A.W. Jenis Buku : Fiksi Romance Suspense - Misteri Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Tahun Terbit : November 2018 Jumlah Halaman...

Read more

Review Buku A Song of Shadows (Kidung Ba…

14-04-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Judul : A Song of Shadows (Kidung Bayang-Bayang) Penulis : John Connolly Disain Sampul : Edward Iwan Mangopang Jenis Buku : Detektif Kriminal – Misteri - Suspense Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Tahun Terbit : November 2018 Jumlah...

Read more

Review Buku 64 Tips dan Trik Presentasi …

31-03-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Judul : 64 Tips dan Trik Presentasi Public Speaking Mastery in Action Penulis : Ongky Hojanto Disain Sampul : Orkha Creative Jenis Buku : Non Fiksi - Komunikasi Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Tahun Terbit :...

Read more

TERBARU - LIFE STORY

The Best Way to Start a New Habit

18-08-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Banyak orang termasuk saya yang hidupnya penuh rencana perbaikan diri. Fokus pada menemukan kebiasaan baru dan berusaha menghilangkan kebiasaan lama seolah sudah jadi agenda sehari-hari. Tapi niat dan realisasi kadang...

Read more

How To Deal with Anger, Anxiety, and Lon…

17-08-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Ini artikel pertama di blog saya yang membahas satu topik tertentu dalam buku yang saya baca. Harapan saya sederhana, yakni semoga ilmu dan wawasan positif yang saya dapatkan dari buku-buku...

Read more

The Five Things Your Website Should Incl…

17-08-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Website dan blog adalah portal wajib perusahaan masa kini. Penyebabnya tentu saja adalah kemajuan teknologi seperti internet dan gadget. Jaman sekarang memiliki bisnis tak harus memiliki bangunan fisik, cukup dengan...

Read more