Little Wings - Book Cafe di Bandung (a review)

Published: Monday, 25 March 2019 Written by Dipidiff

 

 

 "I never feel lonely if I've got a book - they're like old friends

Even if you're not reading them over and over again, you know they are there.

And they're part of your history. They sort of tell a story

about your journey through life."

Emillia Fox

 

Berangkat dari kecintaaan kami pada bukulah maka pilihan destinasi jalan-jalan kami kali ini jatuh pada Little Wings. Seperti yang sudah teman-teman tahu, Little Wings adalah sebuah book cafe, yang kalau kita berkunjung ke sana, maka bukan cuma sofa dan interior cozy-nya yang menanti, tapi juga rak-rak penuh buku yang menunggu. Untuk para pecinta buku, hati ibarat rindu disambut seperti itu. Tak percaya?! Coba saja datang ke sana ^^.

 

Hati-hati buat yang pertama kali berkunjung ke sini, soalnya kami saja sempat mengalami kesulitan saat menemukan lokasi. Jadi, begitu tiba di daerah sekitar Dago Atas, waspada lihat kanan kiri jalan ya. Berikut di bawah ini penampakan cafenya dari depan dan plang pinggir jalan.

 

I never feel lonely if I've got a book - they're like old friends. Even if you're not reading them over and over again, you know they are there. And they're part of your history. They sort of tell a story about your journey through life.
Read more at: https://www.brainyquote.com/quotes/emilia_fox_566098?src=t_book
I never feel lonely if I've got a book - they're like old friends. Even if you're not reading them over and over again, you know they are there. And they're part of your history. They sort of tell a story about your journey through life.
Read more at: https://www.brainyquote.com/quotes/emilia_fox_566098?src=t_book
I never feel lonely if I've got a book - they're like old friends. Even if you're not reading them over and over again, you know they are there. And they're part of your history. They sort of tell a story about your journey through life. Emilia Fox
Read more at: https://www.brainyquote.com/quotes/emilia_fox_566098?src=t_book

Picture : Kanan foto: Plang cafe. Kiri foto: Bangunan utama Little Wings

 

Parkir

Mobil kami parkir di belakang gedung. Bagian depan gedung bukan area parkir karena ada cafe di luar bangunan utama juga. Area parkir di belakang gedung cukup untuk sekitar 10 mobil dan beberapa motor yang penempatannya di atur-atur sedemikian rupa. Ada untungnya juga datang di hari kerja karena situasi kafe lagi sepi. Bahkan hanya kami satu-satunya pengunjung waktu itu. Baru sekitar sore hari ada satu orang customer lagi yang datang. Mungkin di akhir pekan kafe ini lebih ramai.

 

Interior

Nah, ini dia nih salah satu poin lebih dari Little Wings di mata pengunjungnya. Apalagi kalau bukan interiornya yang nyaman dan bertema vintage. Furniture vintagenya mendominasi di semua ruangan yang ada, baik di lantai 1,2,3 bangunan utama maupun kafe-kafe di luar gedung utamanya. Ada sofa-sofa nyaman, ada kursi kayu, seprai, tirai, dan ornamen-ornamen lainnya yang mendukung tema jadul. Kenyamanan duduk-duduk santai sambil ngobrol di Little Wings bisa bikin kita enggan pergi dari tempat ini. Jendela-jendela besar di lantai 2 bisa dibuka lebar-lebar dengan pemandangan jalan Dago yang teduh. Di lantai 3 ada tempat tidur yang diletakkan di pojok ruangan dengan furnitur yang diatur sedemikian rupa sehingga terlihat cantik di mata, maka wajar saja cafe ini juga memberikan jasa pada mereka yang membutuhkan tempat untuk foto bermomen khusus seperti prewed dan lain-lain.

 

Di lantai 1 kita akan menemukan rak-rak besar berisi berbagai buku fiksi dan non fiksi dengan beragam genre, mulai romance, thriller, hingga self help. Sebenarnya buku-buku ada di setiap lantai gedung utama, hanya memang tidak sebanyak di lantai satu ini. Yang pasti seri Harry Potter ada di sini. Dan buku-buku ini bebas kita baca selama berkunjung, jika mau pinjam baru ada ketentuannya.

 

Picture: Atas dan kiri bawah: Cafe di halaman depan. Kanan Bawah: Cafe - Pantry yang ada art galery mininya

 

Picture: Lantai 3 Little Wings

 

Foto: Lantai 2 Little Wings

 

Foto: Lantai 1 Little Wings

 

Foto koleksi beberapa buku di rak lantai 1

 

Menu Makanan dan Minuman

Menjelang siang perut kami mulai pada keroncongan. Sebetulnya pas datang juga sudah dalam keadaan setengah lapar sih, mengingat tiba di lokasi itu memang sudah mendekati jam makan siang. Tapi di kafe ini urusan menu rupanya tidak seperti yang kami harapkan. Hampir sebagian besar menu baik minuman maupun makanan ternyata tidak tersedia, bahkan ada yang menu lama yang masih tetap tercatat tapi sebenarnya sudah tidak open order lagi.

Akhirnya kami pesan nasi bowl iga bakar saja dan guava jus. Di luar dugaan rice bowl iga bakarnya enak dan jusnya okelah. Di kafe ini harga makanan dan minumannya termasuk murah. Jadi memang ada plus minusnya ya ^^.

Daftar Menu Cafe Little Wings

 

Toilet, Tempat Wudhu dan Mushalla

Hari sudah mendekati sore ketika kami memutuskan untuk pulang. Beres menunaikan ibadah, barulah menyelesaikan tagihan di kasir (bisa cash maupun card). Di cafe ini ada musholla kecil yang berada bersisian dengan area parkir belakang gedung utama. Bangunannya hanya muat dua sajadah saja dan hanya semacam pondok sederhana. Tersedia juga dua buah mukena. Letaknya yang berada di luar gedung utama membuat kita akan kesulitan kalau kebetulan hujan sedang turun. Kebayang harus hujan-hujanan menuju mushalla dan tempat wudhunya yang juga terpisah. Toilet ada satu di gedung utama, berfasilitas air hangat, cukup bersih tapi air untuk menyemprot toiletnya macet dan tidak ada gayung sebagai gantinya. Mungkin lain hari kondisinya tidak begini ya. We don't know for sure. Toilet satunya lagi ada di belakang gedung dan sekilas dilihat dari jauh tampaknya agak kurang terawat.

 

Pelayanan

Waktu kami berkunjung ke sini, pegawai yang bertugas di gedung utama hanya satu orang yang bertugas rangkap sebagai waiter maupun kasir. Menu yang diorder cukup cepat tersedia, mungkin karena kami satu-satunya customer waktu itu. Tidak terlihat kru cafe dan manajernya. Mungkin pengelolaan kafe ini masih sederhana atau tim kerja ada di bangunan yang berbeda. Meski minim pegawai, tapi staff yang bertugas melayani kami dengan cukup ramah.

 

So far, kami betah ketika berada di Little Wings karena cafenya yang nyaman. Chris bahkan berfoto di beberapa lokasi cafe karena memang instagramable banget. Free foto-foto kalau hanya pakai kamera, tapi bayar 30k buat yang fotonya pakai dslr ^^

.

Perkenalkan, Christopher, little cute AI robot. Dia smart, bisa diajak ngobrol dan diskusi

 

 

Informasi Lokasi, Rekomendasi, dan Catatan Khusus

Little Wings : Cigadung Raya Barat No. 2 RT01 RW03, Cibeunying Kaler, Cigadung, Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat.

 

Rekomendasi:

1. Kafe unik (buku dan vintage) dengan suasana yang nyaman.

2. Kafe yang bisa buat baca buku, pinjam buku, dan ada fasilitas wifi-nya.

3. Kafe untuk tempat foto yang instagramable. Bisa untuk lokasi foto momen khusus. Hati-hati, pencahayaan ruangan lantai 1 waktu kami datang itu agak redup.

4. Kafe dengan menu yang harganya terjangkau.

 

Catatan Khusus:

1. Varian menu sangat terbatas.

2. Fasilitas toilet belum memadai.

3. Mushalla belum memadai (sebaiknya bawa mukena sendiri).

4. Penataan meja kursi di gedung utama terlalu rapat. Sebenarnya kurang nyaman untuk nongkrong jika kondisi cafe lagi ramai.

5. Berhubung ini kafe library, customer diharapkan untuk tidak terlalu bising ya. Tapi kalau kafe lagi sepi ya bisa juga bincang-bincang sesukanya.

6. Meski ini kafe library, tapi tetap ada musik pop slow yang mengalun. 

 

Teman-teman, itulah cerita kami ketika berkunjung ke Little Wings di bulan Maret 2019. Semoga postingan ini bisa bermanfaat ya. Next time kami akan bercerita tentang cafe-cafe dan tempat-tempat lainnya di Bandung. Jadi jangan kemana-mana, bersama kami terus di postingan khusus "Jalan-jalannya Dipidiff dan Chris". ^^

 

Klik gambar Whatsapp di bawah ini untuk chat langsung dengan Dipidiff

(terbuka untuk komentar, informasi, dan diskusi)

 

 

TERBARU - Buku IMPOR

Review Buku The Silent Patient - Alex Mi…

19-02-2020 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Judul : The Silent Patient Penulis : Alex Michaelides Jenis Buku : Psychological Suspense Penerbit : Celadon Books Tahun Terbit : February 2019 Jumlah Halaman : 352 halaman Dimensi Buku :  23.37 x 15.75 x 2.29 cm Harga : Rp. 275.000*harga...

Read more

Review Buku The Tattooist of Auschwitz

18-02-2020 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Judul : The Tattooist of Auschwitz (Based on the powerful true story of Lale Sokolov) Penulis : Heather Morris Jenis Buku : Historical Fiction Penerbit : Zaffre Publishing  Tahun Terbit : Januari 2018 Jumlah Halaman :  288 halaman Dimensi...

Read more

Review Buku Why Men Love Bitches - Sherr…

18-01-2020 Dipidiff - avatar Dipidiff

    Judul : Why Men Love Bitches From Doormat to Dreamgirl – A Woman’s Guide to Holding Her Own in a Relationship Penulis : Sherry Argov Jenis Buku : Relationship Penerbit : Adams Media Corporation Tahun Terbit :...

Read more

Review Buku The Power of Nunchi - Euny H…

16-01-2020 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Judul : The Power of Nunchi The Korean Secret to Happiness and Success Penulis : Euny Hong Jenis Buku : Self Improvement Penerbit : Penguin Random House UK Tahun Terbit : September 2019 Jumlah Halaman :  240 halaman Dimensi...

Read more

TERBARU - Buku Indonesia & Terjemahan

Review Buku Sentra - Rhenald Kasali

18-01-2020 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Judul : Sentra – Membangun Kecerdasan dan Kemampuan Anak Sejak Usia Dini, Demi Masa Depan yang Cemerlang Series on Education Penulis : Prof. Rhenal Kasali Jenis Buku : Edukasi Penerbit : Mizan Tahun Terbit : Agustus 2019 Jumlah Halaman...

Read more

Review Buku #MO - Rhenald Kasali

18-09-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Judul : #MO Sebuah Dunia Baru yang Membuat Banyak Orang Gagal Paham Penulis : Rhenald Kasali Jenis Buku : Ekonomi - Bisnis Penerbit : Mizan Tahun Terbit : Agustus 2019 Jumlah Halaman :  446 halaman Dimensi Buku :  15...

Read more

Review Buku Wild Hearts (Ancaman Masa La…

28-04-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Judul : Wild Hearts (Ancaman Masa Lalu) * Harlequin Penulis : Sharon Sala Disain Sampul : Marcel A.W. Jenis Buku : Fiksi Romance Suspense - Misteri Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Tahun Terbit : November 2018 Jumlah Halaman...

Read more

Review Buku A Song of Shadows (Kidung Ba…

14-04-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Judul : A Song of Shadows (Kidung Bayang-Bayang) Penulis : John Connolly Disain Sampul : Edward Iwan Mangopang Jenis Buku : Detektif Kriminal – Misteri - Suspense Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Tahun Terbit : November 2018 Jumlah...

Read more

TERBARU - LIFE STORY

Decluttering Finances

24-10-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

    Inginkah teman-teman memiliki kemampuan mengelola keuangan dengan bijak? Pasti jawabannya ingin. Saya pikir tidak ada seorang pun di antara kita yang tidak ingin memiliki skill memanajemen keuangan, sebab sebesar apapun...

Read more

Work Coffee Cafe (a Review)

17-10-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Familiar kah teman-teman dengan nama cafe ini? Saya sih tidak. Tapi itu kemungkinan karena kami domisili di Bandung Timur dan jarang main ke daerah ini. Padahal tempatnya asyik bahkan klasik...

Read more

Marka Cafe + Kitchen (a Review)

16-10-2019 Dipidiff - avatar Dipidiff

  Untuk mereka yang biasa ngafe atau duduk-duduk nongkrong sambil menikmati kopi pasti sudah kenal kafe yang satu ini. Saya juga tahu Marka cafe karena diajak partner saya ngobrol-ngobrol tukar pikiran...

Read more